Cara Mengenal, Memahami, dan Mengetahui Bagian Pada Drum Set

hay sobat drummer semua semoga hari ini esok dan seterusnya kita selalu di berkati rahmat oleh tuhan kita masing - masing wokeh, , , !!!

di pembahasan yang ke - 1 tentang drum ini saya akan membahas tentang bagian - bagian yang ada pada drum. mungkin sobat drummer semua sudah tau ya bagian - bagian pada drum tapi banyak juga loh yang tidak tau namanya. apalagi yang baru mengenal drum. nah sedikitnya saya di sini akan memberi tahu bagian - bagian drum itu apa saja terutama untuk sobat drummer yang masih pemula/baru mengenal drum. 

nah berikut saya terangkan di bawah mengenai bagian - bagian tentang drum :

Bagian Pada Drum Set
1. ini adalah yang dinamakan RIM. rim berukuran banyak sekali itu bagaimana sesuai dengan kebutuhan yang harus dipasang di bagian mana - mananya benarkan? sekarang kalau seandainya rim untuk ukuran tom di pasang di bagian floor kan sangat mustahil sekali wkwkwkwkwkwk, , , , !!!!

Bagian Pada Drum Set
 2.  yang ini yaitu SNARE dan STAND SNARE, ukuran snare normal yaitu sekitar 16" dan ada pula yang berukuran lebih kecil dan lebih panjang kebawah, itu tergantung dari kebutuhan seorang drummer saat rekaman ataupun manggung.









Bagian Pada Drum Set3. yang satu ini di sebut dengan SNAPPY atau sering kita dengar yaitu dengan sebutan per snare hahahahaha, , , , !!!!
sobat drummer perhatikan snappy berbeda - beda ukuran kan? nah sesuai dengan kata saya yang di atas ukuran snare berbeda - beda maka untuk snappy pun di pasang sesuai dengan ukuran snare yang sobat drummer miliki.







Bagian Pada Drum Set
4. ini disebut dengan TOM dan STAND TOM, tom drum ini memiliki ukuran yang bermacam - macam sekali dari yang 4" sampai ke 16". untuk ukuran yang sering di gunakan biasanya yaitu ukuran 12" dan 14" karena sangat jarang sekali pemain drum memiliki memakai semua ukuran tom yang sangat banyak memang ada tapi hanya sedikit.
Bagian Pada Drum Set
5. yang ini di sebut dengan FLOOR dan STAND FLLOR, kenapa bisa di sebut floor? karena ini berhubungan langsung dengan tanah atau lantai maka ini di sebut dengan floor. suara yang di hasilkan oleh floor itu hampir menyerupai suara kick drum.
Bagian Pada Drum Set
6. ini di sebut dengan KICK DRUM dan STAND KICK, di bagian drum ini merupakan bagian yang paling besar. kick drum dan snare adalah nyawa dari sebuah drum. kick drum mempunyai ukuran 20". pada umunya ukuran drum memiliki panjang yang normal tapi ada juga yang memiliki ukuran lebih panjang dari ukuran normal, itu kembali lagi sobat drummer untuk memilih suara yang lebih bagus mana.






Bagian Pada Drum Set7. ini dinamakan DRUM HEAD tapi banyak bilang ini adalah MEMBRAN DRUM. sedikit tips buat sobat drummer, untuk memilih drum head hendaknya memilih yang tebal pada bagian atas drum dan bagian bawah menggunakan drum head yang tipis. karena ini akan menghasilkan suara yang lumayan enak. nah untuk sobat drummer kalo sedikit berduit sebaiknya merubah semua drum head menggunakan merk evans dan kalo kemahalan gunakanlah merk dari encord itu juga lumayan bagus wokeh, , , !!!


Bagian Pada Drum Set

8. ini yang dinamakan HI HAT dan STAND HI HAT, hi hat memiliki 2 piringan dengan ukuran yang sama yaitu 12". untuk memainkan hi hat hendaknya sedikit membuka seperti gambar di samping, itu banyak fungsinya nanti sobat drummer juga akan mengetahuinya sambil belajar bermain drum.
Bagian Pada Drum Set

9. ini adalah CYMBAL SPLASH, ukuran cymbal splash adalah ukuran yang paling kecil dari keluarga cymbal. cymbal splash biasanya berukuran 6" sampai 10". cymbal splash ini di butuhkan untuk memberi keindahan suara pada drum.
Bagian Pada Drum Set

10. ini adalah CYMBAL CRASH dan STAND CYMBAL, Cymbal crash ini memiliki ukuran yang medium di keluarga cymbal. Cymbal crash memiliki ukuran dari 14" sampai 18". akan tetapi di ukuran 18" itu multi fungsi yaitu untuk crash dan ride.
Bagian Pada Drum Set


11. ini yang disebut CYMBAL RIDE, cymbal ride memiliki ukuran yaitu 20". seperti yang di katakan yang di atas cymbal crash yang berukuran 18" bisa dijadikan juga sebagai cymbal ride, tapi untuk cymbal ride yang berukuran 20" tidak bisa digunakan sebagai cymbal crash.
Bagian Pada Drum Set

12. ini adalah yang di sebut sebagai CYMBAL CHINESE, raja dari semua cymbal hahahahaha, , , !!! soalnya harganya yang paling mahal sob dari cymbal yang lain. suara yang dihasilkan ini sebentar karena getaranya sedikit. ciri dari cymbal chinese dengan cymbal lain yaitu cymbal ini posisinya terbalik berbeda dengan cymbal yang lainya. cukup bikin greget juga ini cymbal aaaaaarrrrrrggggggggg , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , !!!!!!!!!!!!!!!!
Bagian Pada Drum Set

13. ini adalah PEDAL DRUM dan HAMMER PEDAL teman akrab dari kick drum. pedal drum ini ada yang singel dan ada juga yang double mungkin sobat drummer semua sudah mengetahuinya ya, , , ,  !!!!!
Bagian Pada Drum Set

14. ini di sebut COWBELL dan STAND COWBELL, jarang yang memiliki ini karena jarang sekali ini dipergunakan di permainan band. mungkin hanya genre - genre tertentu yang membutuhkan cowbell pada permainan drumnya.









nah sekian dulu pembelajaran dari saya sekarang, sampai jumpa di pembelajaran selanjutnya ya, , , ,!!!!

3 Responses to "Cara Mengenal, Memahami, dan Mengetahui Bagian Pada Drum Set"