Mengetahui Fungsi Bass Pada Sebuah Musik / Band

Hai sobat bassis semua, bagaimana nih dengan perkembangan berbain bassnya? apakah sudah mahir apa masih dalam tahap pembelajaran? Tentunya walaupun kita sudah mahir dan sangat hebat, kita tetap harus menambah waawasan tentang musik maupun Wawasan Tentang Musik ya. Saya berdo'a supaya segala kegiatan atau segala kesibukan sobat di beri kelancaran, dan tentunya semakin sukses terus.

Di pembahasan yang ke 7 mengenai band ini, saya mengajak sobat untuk mengetahui tentang fungsi pada pada sebuah musik atau band, karena sering saya menemukan sobat bassis yang kurang memahami tentang fungsi bass ini di sebuah band. Kebanyakan dari mereka hanya mengetahui tentang Cara Bermain Bass saja, dan tidak mengetahui tentang fungsi pada sebuah band atau musik.

Fungsi Bass di Musik / Band

APA FUNGSI BASS ITU PADA SEBUAH BAND / MUSIK ???

Selain dari kebanyakan sobat yang belum mengetahui tentang fungsi bass, mereka terkadang meremehkan tentang alat musik yang satu ini, Bahkan tidak ada pula yang tidak mengetahui Perbedaan Bass Aktif dan Bass Pasif. Sering saya mendengar kalimat seperti ini "Bermain bass kan gampang kuncinya hanya satu - satu saja", nah itu adalah pemikiran yang sangat salah. Terutama untuk anak SMP, bahkan tidak sedikit anak SMA pun ada yang bilang seperti itu. Perlu di ketahui dan perlu di ingat, bahwa alat bass itu adalah alat musik yang perananya sangat penting di sebuah musik/band. Bass juga tidak semudah yang sobat bayangkan, karena bass memiliki tingkat kesulitan yang sama halnya dengan bermain gitar.

Mengenai fungsi pada bass, bass ini memuliki banyak keistimewaan pada sebuah musik ataupun di band, karena bass adalah bagian dari kaki dan tangan di sebuah band atau musik. Dalam sebuah lagu atau musik lagu yang ada di band sobat, bass adalah sebagai penentu sebuah kunci (chord) yang sedang di mainkan. Jadi seperti ini biasanya di sebuah lagu bass tidak hanya mempunyai kunci - kunci dasar, melainkan kunci dari bass suka menyimpang kesana dan kemari dan tentunya sesuai dengan ketentuan nada yang benar.

Bass bisa di bilang sebagai pemandu alat musik gitar atau keyboard (piano), di mana gitar dan keyboard (piano) akan mengikuti kearah bass yang dituju. Selain bass adalah sebagai pemandu gitar dan keyboard, bass juga memiliki fungsi sebagai  pengiring alat musik drum, di mana bass akan mengiringi permainan seorang drummer dan akan menutupi kekosongan ketutak yang ada pada sebuah drum.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat kita ambil kesimpulan, jadi bass itu adalah sebuah alat musik yang berfungsi sebagai pengiring dan pemandu di sebuah lagu, dengan tujuan bass tersebut akan membawa personil lainya untuk bekerja sama agar tercipta nuansa dan harmonis lagu yang indah dan nikmat.

Bagaimana dengan penjelasan saya di atas sudah jelakah mengenai fungsi bass ??? Nah kalau sobat seorang bassis dan terus di remehkan karena sobat seorang bassis karena bass itu gampang, tinggal tunjukan artikel ini ke orang tersebut ya hahahaha.

Jangan lupa tinggalkan KOMENTARNYA ya, , , !!!
Jangan lupa juga di SHARE ya sob, biar kita saling berbagi ilmu tentang musik.

10 Responses to "Mengetahui Fungsi Bass Pada Sebuah Musik / Band"