Cara Latihan Dengan Tempo atau Metronome

Hai sobat bassis semua bagaimana dengan permainan bass sobat sekarang ? Semoga semakin gila dan semakin pinter saja ya bermainya. Salam sejahtera dari saya dan dari semua semua musisi indonesia, semoga di hari ini dan di hari - hari seterusnya sobat di beri kesehatan yang sempurna ya. Terus berusaha dalam mempelajari sebuah permainan bass, karena bass adalah salah satu bagian yang sangat penting di sebuah band atau musik.

Di pembahasan yang ke 8 mengenai bass ini saya akan coba membahas mengenai cara latihan dengan metronome atau tempo. Karena tempo atau metronom adalah sesuatu yang sangat penting di sebuah lagu ya sob, tanpa adanya metronome pasti deh sebuah lag yang di ciptakan akan hancur dan akan berantakan ga karuan, bisa di bilang tanpa adanya metronome nanti permainan sobat akan seperti permainan anak sekolah dasar.

Belajar Dengan Metronome

BAGAIMANA LATIHAN DENGAN TEMPO ???

Metronome atau ketukan tempo sangat - sangat lah di butuhkan pada saat latihan, itu berfungsi untuk melatih kebiasaan suatu teknik yang akan sobat pelajari. Dengan kata lain metronome atau ketukan tempo adalah sebuah aplikasi atau alat yang akan membimbing sobat semua ke sebuah kebaikan di dalam sebuah permainan ata sebuah lagu, dengan kata lain metronome atau tempo ketukan adalah seseorang yang memberi sobat jalan menuju ke alamat yang sobat tuju.

Cara latihan menggunakan metronom sangat penting, pada pembahasan - pembahasan sebelumnya pun saya sudah menganjurkan sobat untuk "mulailah yang pelan dulu dan terus tingkatkan", nah secara tidak langsung di situ saya mengajak sobat untuk berlatih menggunakan metronome atau ketukan tempo yang memang seharusnya di gunakan oleh sobat bassis semua.

Jadi gini saya ambil contoh dari pembahasan saya sebelumnya mengenai Cara dan Tutorial Pelemasan Jari (Fingering), bisa juga saya ambil dari Cara dan Tutorial Fingering pada bass 2, nah di situ saya sudah menerangkan mengenai teknik fingering yang dasar jadi sobat melakukan latihan itu menggunakan metronom.

Apa sobat masih bingung metronom itu apa dan bagaimana? Nah kalau bingung silahkan download dulu aplikasi metronome nya, serching di google banyak ko sobat tinggal cari - cari saja. Intinya metronom itu adalah sebuah aplikasi atau alat bantu untuk sobat bisa bermain rapih dalam bermain musik, dan ketukan metronom yang banyak di gunakan adalah 4/4 dengan bunyi tak, tak, tak, ting.

Apabila sobat sudah mengetahui dan bisa memahami apa metronome itu, saya percaya sobat akan sangat bisa di kenal dengan istilah bassis gila metronome dan itu adalah istilah yang positif banget. Sobat juga nanti bisa mulai melatih Cara Bermain Teknik Up Down Thumb dengan metronome, dan juga Teknik - Teknik Yang Lainya Pada Bass, dan tentunya itu semua akan berdampak positif sekali buat sobat.

Demikian pembahasan dari saya, mudah - mudahan pembahasan ini bisa menjadi wawasan dan juga ilmu yang baru buat sobat semua, karena ilmu itu bisa di cari di mana saja dan tidak perlu kursus ataupun hal lainya asalkan kita punya semangat pasti akan bisa ko.

Jangan lupa tinggalkan KOMENTARNYA ya, , , !!!
Jangan lupa juga di SHARE sob, biar bisa saling berbagi ilmu dengan yang lainya, , , !!!

2 Responses to "Cara Latihan Dengan Tempo atau Metronome"

  1. mau nanya.. app metronome yg ada di andorid sy apa bs di sinkron dgn alat musik yg kt pake.. mohon jawabannya.. thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua metronome pasti memiliki fungsi yang sama, yakni mengatur sebuah tempo dalam bermain musik terutama pada saat take (rekaman) atau saat konser menggunakan looping. metronome di android juga pasti memiliki fungsi yang sama hehehe

      Delete