Cara Mengetahui Nada Pada Gitar atau Stem Gitar

Hai Sobat Gitaris semuanya, semoga sobat gitaris semuanya sehat dan selalu di berkahi dalam melaksanakan kegiatanya ya, , , !!! Semoga sobat gitaris juga makin jago dan makin berkembang dalam pembelajaran bermain gitarnya, , , !!!

Di pembahasan yang ke - 2 tentang gitar ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui nada dasar/normal yang ada pada sebuah gitar. Nada yang sudah ditakdirkan dari dulunya, dan wajib harus mengikutinya dan tidak boleh merubahnya hehehehe.



NADA APA SAJA SIH YANG ADA PADA GITAR ???

Banyak dari sobat gitaris yang belum mengerti bagaimana menstem, menyetel, meluruskan nada gitar yang normal, nah di sini ijinkan saya sedikitnya untuk memberi tahu kepada sobat gitaris semua tentang cara menstem gitar.

Nada yang ada pada gitar itu menurut saya memiliki 4 jenis, dan dari 4 jenis nada itu sudah tidak bisa di rubah lagi. Kenapa ko tidak bisa di rubah lagi? Karena kalau nada itu di rubah mungkin bisa di bilang itu melanggar hak tentang musik, soalnya itu sudah peraturan yang ada sejak dulu.

Yuck langsung ke pembahasanya. Nada dasar gitar di bagi menjadi ke empat bagian yaitu :

Pertama, Nada dasar drop E atau normal. Nada dasar drop E atau normal ini sering sekali atau mungkin juga bisa di bilang hampir semua group band yang menggunakan nada ini, karena nada dasar ini sangat enak dan sangat umum untuk di gunakan. Dan untuk sobat gitaris semua yang masih belajar silahkan gunakan nada dasar ini dulu ya. Nada dasar normal atau drop E memiliki nada E B G D A E (dilihat dari bawah), dan kalau di lihat dari atas (senar enam) nada dasar atau drop E manjadi E A D G B E.

Kedua, Nada dasar menggunakan nada drop D. Untuk nada ini banyak juga yang menggunakanya terutama yang beraliran Tress Metal, karena nada ini memiliki keunikan yang tersendiri bagi seorang gitaris. Memainkan dengan nada drop D terasa hebat bermain gitarnya itu pengalaman dari teman saya sendiri hehehe. Untuk nada drop D ini memiliki nada dengan E B G D A D (dilihat dari bawah), dan kalau di lihat dari atas (senar enam) nada dasar drop D menjadi D A D G B E.

Ketiga, Nada dasar menggunakan nada drop C. Nah loh yang belum mengerti pasti kebingungan nih hehehe, jangan bingung sobat gitaris karena nada ini jarang di gunakan. Nada drop C jarang di gunakan oleh para gitaris tapi tidak menutup kemungkinan ini juga dibutuhkan oleh band - band tertentu. Contoh Band yang menggunakan nada ini adalah Captain Jack (band asal yogya), walaupun tidak semua lagu dari band tersebut yang menggunakan nada drop C, tapi ada beberapa lagu yang menggunakan nada ini sob. Untuk nada drop C memiliki nada dengan B A F C B C (dilihat dari bawah), dan kalau di lihat dari atas (senar enam) memiliki nada dengan C B C F A B.

Keempat, Nada dasar dengan menggunakan nada drop B. Aduh nambah bingung lagi ya ??? Tapi nada ini sangat jarang di gunakan sob, saya pribadi pun belum mengetahui band apa yang menggunakan nada ini sob. Nada untuk drop B ini adalah A G E B A B (dilihat dari bawah), dan kalau dilihat dari atas (Senar enam) akan memiliki nada dengan B A B E G A.

Nada yang semakin menurun dari drop E menjadi drop D menjadi drop C, dan menjadi drop B, dikarenakan oleh faktor suara dari seorang vocalis. Biasanya Vocalis yang tidak kuat di nada XX dan biasanya akan di turunkan satu nada atau alternatifnya turun nada dengan menggunakan nada drop yang terus menurun.

Jangan lupa Komentarnya yes, , , !!!
Trus tolong SHARE juga ya biar Sobat semua mendapatkan PAHALA hehehe !!!!

0 Response to "Cara Mengetahui Nada Pada Gitar atau Stem Gitar"

Post a Comment