Cara Mengetahui Perbedaan, Pengertian dan Tentang Bass Aktif dan Pasif

Hai Sobat Bassis semua, semoga sehat selalu ya. Mudah - mudahan sobat bassis sukses dalam menjankan aktifitasnya dan tentunya semakin pintar juga dalam memainkan alat music bass ini ya, , , !!! Salam hangat saya ucapkan buat sobat musisi semua.

Di pembahasan yang ke - 2 tentang bass ini saya akan menerangkan kepada sobat bassis semua mengenai cara mengetahui perbedaan antara bass yang aktif dan yang pasif, karena bass yang aktif dan yang pasif itu memiliki karakter yang sangat berbeda tapi fungsinya sama.



Aduh sobat bassis, gambar yang di atas cukup bikin greget juga ya hahaha (biar kaga jenuh dengan suatu tulisan sob). Hanya pembelokan dari pembahasan aja, becanda sob.

APA SIH PERBEDAAN BASS AKTIF DAN PASIF ???

Nah di sini saya sedikitnya akan memberikan pengetahuan saya pribadi ke sobat bassis semua, mudah - mudahan bisa bermanfaat bagi sobat bassis semua khususnya bagi sobat yang masih belajar menganai alat music bass ini. 

Sebelum ke pembahasan sobat juga harus Mengenal Alat Music Bass, karena seorang bassis wajib mengetahui tentang bass dulu sebelum memacarinya. Langsung saja yuck ke pembahasanya bhiar tidak panik.

BASS AKTIF
Bass yang bertipe aktif ini memiliki sound atau suara yang cenderung ke high, dan biasanya tipe bass ini dimainkan dengan cara slap. Dari komponen bass yang bertipe aktif ini sedikit rumit dan cukup sulit, karena banyak komponen tambahan agar bass aktif ini  benar - benar mengeluarkan sound atau suara yang mantab. Dari genre/aliran music pun sangat menentukan, karena tidak semua genre/aliran bisa cocok dengan bass yang bertipe aktif ini. Jadi intinya Bass aktif ini memiliki karakter yang high dan mempunyai komponen yang lumayan rumit sebagai tambahanya, dan tidak semua genre bisa cocok dengan bass aktif.

BAS PASIF
Bass yang bertipe pasif ini memiliki sound atau suara yang soft seperti halnya dengan suara bass pada umumnya. Dari segi komponen pun tidak terlalu rumit, karena bass pasif ini tidak memiliki banyak tambahan komponen seperti halnya bass yang bertipe aktif. Walaupun bass pasif ini bersifat simple, tapi tetap saja tidak bisa di mainkan pada semua genre/aliran music. Akan tetapi bass ini lebih banyak pengaruhnya dalam genre/aliran music di bandingkan dengan bass yang aktif.

MUSISI YANG MEMAKAI BASS AKTIF
Contoh kecil Musisi yang sering menggunakan Bass yang bertipe aktif ini adalah Nissa (Omlette), Thomas Rhamdan (Gigi), Bondan Prakoso (Funkop), John Myung (Dream Theater), dan lain sebagainya. Tapi walaupun sering memainkan bass aktif mereka juga tidak lepas pada bass pasif (Kebutuhan materi lagu).

MUSISI YANG MEMAKAI BASS PASIF
Contoh Musisi yang sering menggunakan bass pasif adalah semua BASSIS hehehehe. Kenapa saya bilang begitu, karena walaupun seorang bassis suka dengan permainan bass aktif pasti suatu saat akan memainkan bass yang bersifat pasif, karena bass pasif adalah bass yang normal yang sangat di butuhkan oleh banyak genre.

Nah mungkin itu yang bisa saya sampaikan mengenai pembahasan mengenai bass aktif dan pasif, semoga bisa bermanfaat bagi sobat bassis semua.

Jangan lupa komentarnya ya, , , !!!
Jangan lupa juga SHARE biar dapet PAHALA dan semakin PINTER , , , !!!

11 Responses to "Cara Mengetahui Perbedaan, Pengertian dan Tentang Bass Aktif dan Pasif"

  1. bisa ga bass pasif di ubah menjadi bass aktif???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja asalkan ada sedikit modal om hehe, coba rubah pick up nya. namun kalau di telaah kembali lebih baik membeli alat baru daripada harus merubanya.

      Delete
  2. Saya punya 1 bass bisa aktif dan passif.
    saya datang k bengkel gitar d sana saya minta d buatkan saklar untuk passif dan aktif.

    Pick up bass saya ganti yg harga 3jutaan(padahal harga bass cman 1.2jt)
    Suaranya mantebb...
    Bisa d ubah sesuai kebutuhan trutama pada saat solo bass.

    Kalian smua hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. buseet pickupnya lebih mahal drpd bassnya, mantap jiwa boskuuuh. keren.

      Delete
  3. Bisa tidak bass aktif disaat kebutuhan dijadikan pasif disaat itu juga ?

    ReplyDelete
  4. Bisa tidak bass aktif disaat kebutuhan dijadikan pasif disaat itu juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas hehehe, ada 2 cara yang bisa di lakukan.
      1. menggunakan switch seperti yang di gitar tu loh tapi ini terbilang ke cara yang jadul.
      2. caranya di putaran volume, jadi di volume ketika di besarkan volume hingga terasa "klik" itu menjadi aktif dan bila di kembalikan ke volume kecil sedikit hingga menyentuh "klik" itu kembali ke pasif.

      NOTE : semua cara di atas harus di operasi bagian mesinya dan di ganti dengan yang sesuai serta gunakan Pick UP yang mendukung bass aktf pasif.

      Delete
  5. Mas sy mau nanya nih, bisa tidak pickup emg aktif model musicman dipasangkan preamp...

    ReplyDelete
  6. Bass saya pasif, bisa ga ya di upgrade jadi aktif tanpa mengganti pick up ?

    ReplyDelete