Cara Mengenali Genre atau Aliran POP

Hai sobat musisi semua, Selamat PAgi, Selamat Siang, Selamat Sore, dan Selamat Malam. Salam hangat saya ucapkan untuk sobat musisi semua, semoga sobat musisi semua di dilancarkan dalam aktifitas yang sedang dikerjakan dan di perjuangkan ya, , , !!!

Di pembahasan yang ke - 3 mengenai jenis music ini saya akam membahas menganai music yang beraliran POP, dimana sobat musisi semua mungkin sangat sudah tidak asing lagi ya dengan nama POP ini. Tapi setidaknya izinkan saya untuk memberi pengetahun sediki tentang music POP yang saya ketahui.



APA SIH CIRINYA MUSIC POP ???

Nah disini mungkin sobat musisi semua sudah sangat tidak heran ya dengan aliran music pop ini? Tapi saya percaya deh kalau di tanya mengenai music pop secara detail pasti pada diam semua, iya kan hayo ngaku, , , !!! Di penjelasan yang sekarang saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya menganai music pop ini yuk langsung saja.

Banyak band - band yang memiliki aliran atau genre music yaitu pop, band yang mempunyai aliran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor contohnya mungkin dari tuntunan label, kesenangan pribadi, mencari uang dan lain sebagainya. Tapi satu hal yang bisa saya ingatkan buat sobat musisi semua hargailah semua aliran dan sobat musisi semua harus mengetahui bagaimana Cara Menghormati Sesama Musisi.

Music yang beraliran pop memiliki ciri sebagai berikut :

Music yang gampang di hafal.
Jadi maksudnya adalah dari keseluruhan lantunan nada yang di keluarkan oleh music pop ini sangat gampang untuk diingat, dan tidak memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi. Sehingga untuk para pemula yang bergelut di dunia music akan gampang untuk mengerti tentang music ini.

Lirik yang mempunyai 1 (satu) tujuan atau pengertian
Dari lirik yang di ciptakan oleh seorang pencipta lagu pop ini memiliki bait - bait yang saling berhubungan, dan tidak meloncat dari judul lagu ataupun meloncat dari bait - bait sebelumnya. Memang lirik untuk genre atau aliran yang lain pun satu tujuan, tapi music pop ini adalah satu aliran yang paling mudah untuk menalarkan suatu tujuan dari sebuahlagu.

Tempo yang standart
Music yang beraliran pop ini 90% memiliki tempo atau ketukan yang standart (Tidak Cepat dan Tidak Lambat). Biasanya dari music pop ini memiliki tempo atau ketukan sekita 70 sampai 110, karena lagu yang bertema pop sangat berhubungan dengan beat - beat pelan.

Tema Yang Berisi Tentang Perasaan
Nah ini sob yang sekarang sedang populer di tanah air kita, di Indonesia sangat banyak sekali band - band yang beraliran pop dengan menggunakan lirik -lirik dari suatu perasaan yang sedang dirasakan. Karena lagu pop ini sangat cocok di dengarkan pada saat kita sedang galau atau sedang sendirian ya hehehe, , , , !!!

Sound yang wajib di pakai
Ini yang belum di ketahui oleh sobat musisi semua, yaitu tentang sound yang harus di gunakan oleh aliran pop. Lagu pop sebenarnya sangat identik dengan sound gitar CLEAN dan dilarang menggunakan DISTORSI, walaupun mau menggunaka sound yang sedikit kasar itu maksimalnya harus menggunakan OVERDRIVE dan tidak boleh melebihi itu. Tapi saya juga tidak mengerti di jaman yang sekarang terutama di Indonesia banyak sekali band yang beraliran pop tapi menggunakan distorsi, sebenarnya itu sudah melangggar kode etik mengenai dunia music.

Dari beberapa ciri tersebut, music pop juga memiliki 3 jenis yang berbeda sob yuck kita simak :

Music Pop Standart
Music pop yang standart ini artinya sangat mudah untuk di hafal, pengertian sama dengan yang di atas tadi. Dari segi lagu yang mudah di hafal, lagu ini juga sangat fleksibel sehingga music ini bisa di aransemen ulang kembali entah itu menjadi aliran rock, punk, blues, atau yang lainya. 

Music Pop Balada
Ini adalah sejarah dari seorang musisi yang jaman dulu banget sob, balada ini adalah sebuah karakteristik dari sebuah puisi dan sering di gunakan oleh para penyair atau komponis. Jadi intinya adalah seperti ini, Balada adalah sebuah karakteristik dari sebuah puisi, dan sebuah lagu pop itu sangat berkaitan erat dengan yang namanya isi hati. Bisa kan sobat musisi semua menyambungkannya hehehe.

Music Pop Kreatif
Nah ini sob yang bisa di bilang jenis music pop yang sangat gagah di antara yang lainya, karena jenis music pop yang ini memiliki keunikan yang kadang suka bikin kesal hehehe. Di sini dari sebuah lagu pop yang diciptakan seorang musisi biasanya di kasih sedikit ritme yang keluar jalur, contohnya di sebuah lagu dari kerispatih, di lagu tersebut itu beraliran pop tapi seorang keyboardisnya sedikit menggunakan sound jazz pada nada lagu tersebut.

Jangan lupa KOMENTARNYA, , , !!!
Jangan lupa juga SHARE biar dapat PAHALA dan semakin PINTER , , , !!!

1 Response to "Cara Mengenali Genre atau Aliran POP"

  1. Kalo cara mengenali genre Pop lewat iringan gitar gimana ?
    (ciri-ciri iringan gitar lagu Pop)

    ReplyDelete